Friday, February 12, 2016

Untuk Apa Sholat Selama Ini?

Shalat secara bahasa adalah doa, yang berarti mengagungkan. Sedangkan menurut syara’, shalat adalah ucapan-ucapan dan perbuatan-perbuatan tertentu yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam.

Sebagai rukun Islam kedua, shalat menjadi kewajiban yang cukup diperhatikan umatnya. Akan tetapi, sebagai sebuah rangkaian ucapan dan perbuatan, shalat kerap menjadi sekadar ritual pelepas beban keagamaan.

Padahal yang lebih utama adalah pemahaman akan makna ibadah tersebut. 
Berikut adalah beberapa perintah Allah tentang ibadah shalat;

“Dan laksanakanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan ruku’lah beserta orang yang ruku” (QS. Al Baqarah: 43)
“Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku” (QS. Taha: 14)

Masih banyak ayat lainnya mengenai shalat dalam Al Quran. Dari ayat-ayat tersebut, jelaslah bahwa shalat merupakan perintah utama bagi kita. Maka jelaslah bahwa kita shalat untuk memenuhi perintah Allah yakni untuk beribadah kepada-Nya sebagaimana dikatakan dalam ayat berikut;
“Dan tidaklah Kuciptakan jin dan manusia kecuali hanya untuk beribadah kepada-Ku.” (QS. Ad Dzariyyat: 56)

Oleh karena itu, mari kita pahami makna ibadah utama ini dan sempurnakan kualitasnya terutama dengan shalat tepat waktu. Mari menjadi muslim yang shaleh dan cerdas!
Wallahu A’lam.

Penulis: Bramantya Wicaksana – FKUI 2011
About Tantowi Jauhary

Pellentesque penatibus, sed rutrum viverra quisque pede, mauris commodo sodales enim porttitor. Magna convallis mi mollis, neque nostra mi vel volutpat lacinia, vitae blandit est, bibendum vel ut. Congue ultricies, libero velit amet magna erat. Orci in, eleifend venenatis lacus.

You Might Also Like

0 comments:

Post a Comment

FOLLOW US @ INSTAGRAM